HOLY TRINITY STEP SEBELUM MENYUSUN RANGKAIAN SKINCARE ROUTINE

Kamu sedang tertarik mencoba memulai skincare rutin versi kamu sendiri tapi bingung mulainya harus darimana?

Apa aja sih yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan skincare rutin kita?

Yuk baca sampai habis!

1. Pahami kulitmu.

Setiap individu tentu memiliki kulit dengan karakteristik uniknya tersendiri, keunikan inilah yang membuat produk-produk yang akan dipilih untuk perawatan kulit harus disesuaikan untuk meminimalisir adanya iritasi kulit yang tidak diinginkan. Karateristik dasar kulit yang perlu kamu pahami adalah jenis dan kondisi kulit yang tengah kamu alami. Untuk mengenalinya memang lebih disarankan untuk melakukan konsultasi dengan tenaga profesional seperti dokter kulit atau esthetician agar tidak terjadi kesalahan pengenalan kulit. Mengetahui jenis kulit ini tentu penting dalam pemilihan produk skincare yang tepat, kalau jenis kulit kamu kering maka kamu perlu produk yang dapat menghidrasi kulit dengan baik, tapi kalau jenis kulit kamu berminyak gak serta-merta produk yang diperuntukan untuk kulit kering bisa kamu pakai begitu saja, karena produknya bisa mempunyai risiko membuat kulit kamu kian berminyak. Jadi penting untuk mengetahui jenis kulit kamu ya!

2. Produk

Saat baru memulai skincare rutin, produk apa aja sih yang perlu dicari? 

Mungkin itu akan menjadi pertanyaan kamu saat masuk ke dunia skincare. Apakah lantas kamu perlu 10-step-skincare routine? Jawabannya, belum tentu, karena jika kamu baru memulai skincare rutin, alangkah baiknya kamu mencari 3 produk dasar yang benar-benar cocok untuk kulit kamu dahulu. Produk dasar ini apa aja sih?

Nah, 3 produk ini terdiri dari facewash, pelembab, dan terakhir yang paling penting adalah sunscreen. Jadi, cari 3 produk dasar ini dulu ya! Kalau sudah menemukan produk yang cocok baru deh pertimbangkan apakah kamu perlu menambah produk booster atau perawatan tambahan ke dalam skincare rutin kamu, seperti serum, toner hingga essence.

3. Waktu untuk mencoba produk

Salah satu kesalahan yang paling sering terjadi saat memulai skincare rutin adalah ketidaksabaran kita dalam mencoba produk-produk baru dalam waktu bersamaan. Hal ini tidak disarankan untuk dilakukan khususnya bagi kamu yang baru memulai skincare rutin, karena ketika ada produk yang tidak cocok di kulit kamu, kamu akan bingung menentukan produk mana yang sebetulnya menyebabkan iritasi. Berikan jarak waktu dari percobaan produk baru satu ke produk baru lainnya ya, idealnya beri jarak satu minggu agar kulit kamu bisa beradaptasi juga.

Iyap, itu dia 3 tips utama untuk kamu yang ingin memulai skincare rutin, jika kamu memiliki kondisi permasalahan kulit yang cukup serius, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke tenaga profesional ya. Jangan langsung tergiur dengan informasi promosi dan review produk yang kamu temui, be wise with your skin and money, pahami kulit kamu agar kamu tahu apa yang benar-benar diperlukan sama kulit kamu, ingat bahwa apa yang cocok bagi orang lain belum tentu cocok untuk kulit kamu.  Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjawab kebingungan kamu dalam saat ingin memulai skincare rutin ya!

Ciao

"Focus on your progress, let God decide the rest"
Lilik
Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *