REKOMENDASI APLIKASI UNTUK TETAP PRODUKTIF DI MASA PANDEMI

Smartphone menjadi salah satu perangkat yang paling erat untuk semua kalangan, apalagi di masa pandemi ini semua kegiatan sebagian besar dialokasikan menjadi kegiatan daring, sehingga membuat keberadaan  smartphone  bisa melekat dengan penggunanya hingga 24 jam dalam 7 hari (24/7). Tapi, walaupun sudah melekat 24/7 dengan kamu, apakah smartphone kamu juga membuat kamu tetap produktif selama pandemi? 

Merasa tidak produktif karena smartphone kamu lebih sering dipakai untuk melihat story di Instagram, fyp di TikTok,  hingga timeline media sosial saja? Yuk cek rekomendasi aplikasi-aplikasi yang pastinya bermanfaat untuk menambah produktifitas kamu selama pandemi.

WPS Office + PDF

Sekolah online? Kuliah online? Work From Home? Tentu kegiatan ini gak akan lepas dengan urusan membuat dokumen, baik dokumen dengan Ms. Word, Ms. Excel, bahkan Ms. Powerpoint. Nah sekarang kamu gak perlu repot untuk buka laptop demi mengerjakan dokumen-dokumen ini karena aplikasi WPS Office + PDF ini merupakan paket lengkap untuk urusan pembuatan dokumen yang bisa kamu akses dengan smartphone kamu. Aplikasi ini menyediakan layanan yang hampir sama dengan Ms. Office di laptop/komputer kamu lho. Bahkan, WPS Office + PDF menyediakan layanan untuk scan dokumen baik berupa word, excel, powerpoint, bahkan foto sekalipun menjadi PDF. Aplikasi ini tersedia gratis untuk pengguna android maupun ios nih. Yuk cus cek di playstore dan appstore.

iPusnas

Kamu selama ini merasa kesulitan mencari sumber referensi untuk mengerjakan tugas? Nah aplikasi iPusnas bisa menjadi penyelamat kamu. Aplikasi ini merupakan aplikasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bisa kamu akses lewat smartphone. Semua buku bisa kamu nikmati baik secara online maupun offline. Aplikasi ini juga tersedia baik untuk pengguna ios maupun android.

Any.do

Apakah kalian termasuk pribadi yang gampang lupa akan event-event penting? Sering lupa akan tugas yang diberikan dosen atau guru?

Kali ini kamu gak perlu repot mencatat to-do-list kamu dengan kertas, karena kamu cukup instal aplikasi Any.do lalu input segala kegiatan yang akan kamu lakukan, maka kamu akan terselamatkan. Nah aplikasi ini sendiri sudah diunduh oleh 10 juta pengguna ini menyediakan fitur planner, kalender bahkan hingga reminder. Any.do juga bisa digunakan untuk kolaborasi tugas dengan rekan kamu lho, kamu bisa berbagi daftar tugas melalui aplikasi dan bahkan bisa melakukan chat secara langsung. Tertarik mencoba? Yuk cus install! Jangan khawatir, aplikasi ini tersedia secara gratis baik untuk pengguna ios dan android.

The 5 Minute Journal

Pernah menulis diary atau buku harian jaman dulu? 

Di era digital ini kamu tetap bisa merangkum keseharianmu dengan menuliskannya layaknya kebiasaan menulis buku harian lho. Aplikasi bisa jadi pelarian kamu untuk menceritakan bagaimana hari kamu berjalan, di akhir hari sibukmu, luangkan waktu untuk merenungkan hal baik, kesalahan atau bahkan pengalaman berharga kamu dalam sehari. Merangkum keseharian kamu juga bisa menjadi salah satu cara relaksasi kamu lho! Kabar baiknya, aplikasi ini tersedia baik untuk pengguna ios maupun android.

Money Lover

Pernah ga sih ngerasa uang tiba-tiba habis tapi gak tau uangnya dialokasikan kemana selama ini? Mau mencatat pengeluaran tapi merasa malas untuk menyediakan buku kas atau membuka spreadsheet di komputer atau laptop? Nah menginstal aplikasi keuangan di smartphone menjadi salah satu savior kamu di masa pandemi gini. Aplikasi Money Lover ini merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan fitur-fitur seperti penganggaran, mencatat mutasi kas baik pengeluaran maupun pemasukan, dan bahkan bisa melaporkan rekap persentase pengeluaran kamu lho! Pencatatan pengeluaran di aplikasi ini juga terbilang cukup rapi karena aplikasi ini menyediakan klasifikasi pengeluaran sesuai kategori yang kamu inginkan, entah itu transportasi, makanan, sumbangan, dan sebagainya. Money Lover juga tersedia secara gratis untuk pengguna ios maupun android lho. Yuk mulai berhemat!

Itulah aplikasi-aplikasi yang bisa kamu instal untuk menambah produktifitas kamu selama pandemi. Stay healthy and be happy ya!

"Focus on your progress, let God decide the rest"
Lilik
Penulis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *